Halaman 5
Suatu barang yang akan dijual biasanya ditawarkan terlebih dahulu. Bentuk penawaran itu berupa iklan. Perhatikan contoh iklan di bawah ini.
Perhatikan dengan saksama kata-kata yang tertulis pada iklan tersebut. Tuliskan kosakata baru yang kamu temui dan artinya dalam tabel berikut. Kamu dapat mencari arti kata pada kamus.
No. |
Kosa Kata Baru
|
Arti
|
1. |
Mebel
|
Mebel adalah perabot yg diperlukan, berguna, atau disukai, spt barang
atau benda yang dapat dipindah-pindah, digunakan untuk melengkapi rumah,
kantor, dsb; furnitur
|
2.
|
Model
|
Model adalah pola (contoh, acuan, ragam, dsb) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan
|
3.
|
Modern
|
Modern adalah terbaru; mutakhir
|
4.
|
Reproduksi
|
Reproduksi adalah hasil produksi ulang
|
5.
|
Klasik
|
Klasik adalah mempunyai nilai atau mutu yg diakui dan menjadi tolok ukur kesempurnaan yg abadi; tertinggi
|
6.
|
Kontemporer
|
Kontemporer adalah pada waktu yang sama; semasa; sewaktu; pada masa kini; dewasa ini:
|
7.
|
Finishing
|
Finishing adalah suatu proses penyelesaian atau penyempurnaan akhir dari suatu proses pembuatan
|
Halaman 9
- Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?(payung lukis)
- Informasi apa saja yang kamu peroleh dari iklan tersebut?(kerajinan payung lukis tasikmalaya, Jawa Barat)
- Menurutmu, di dalam negeri atau di luar negerikah barang tersebut dibuat?(dalam negeri)
- Tuliskan arti kata-kata berikut. Tanyakan kepada orang tuamu, bapak/ibu gurumu, atau carilah artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
No |
Kata
|
Arti
|
1. |
damai
|
tidak ada perang; tidak ada kerusuhan; aman:
|
2. |
indah
|
dalam keadaan enak dipandang; cantik; elok;
|
3. |
gotongroyong
|
Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti
bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan
|
4. |
kerja sama
|
Kerjasama adalah suatu usaha antara orang perorangan atau kelompok
manusia diantara kedua belah pihak untuk tujuan bersama sehingga
mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.
|
5. |
menghargai
|
Menghargai adalah menghormati keberadaan, harkat, dan martabat orang
lain. Menghargai hasil karya orang lain artinya menghormati hasil usaha,
ciptaan, dan pemikiran orang lain.
|
6. |
gaya hidup
|
Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa
berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya
hidupnya.
|
5. Ukurlah Panjang dan Lebar iklan tersebut, lalu lengkapi tabel berikut:
No. |
Keterangan
|
Bilangan
| |||||
1. |
Panjang
|
15
| |||||
2.
|
Lebar
|
10
| |||||
3.
|
Jumlah panjang dan lebar
|
25
| |||||
4.
|
Selisih panjang dan lebar
|
15-10 = 5
| |||||
5.
|
Perbandingan panjang dan lebar: 15/10
|
| |||||
6.
|
Perbandingan lebar dan panjang: 10/15
|
| |||||
7.
|
Perbandingan panjang dengan jumlah panjang dan lebar
|
| |||||
8.
|
Perbandingan lebar dengan jumlah panjang dan lebar
|
| |||||
9.
|
Perbandingan panjang dengan selisih panjang dan lebar
|
| |||||
10.
|
Perbandingan lebar dengan selisih panjang dan lebar
|
|
Halaman 23
Iklan adalah suatu pesan tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh
produser/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio,
elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat. Tujuan iklan adalah agar
masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa
tersebut.
Tujuan iklan:
- Memberi tahu masyarakat
- Mengajak masyarakat supaya membeli produk tersebut
- Mempengaruhi masyarakat supaya ingin membeli produk tersebut
- Kalimatnya singkat dan jelas;
- Bahasanya mudah dipahami dan menarik;
- Tulisan dan gambarnya menarik.
Beberapa bentuk iklan, antara lain: iklan penawaran, iklan mini, iklan baris, iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan sebagainya.
jadi, Unsur-unsur dalam iklan:
- Unsur Gambar: Ada berapa jenis gambar yang akan dimasukkan dalam iklan termasuk juga background
- Unsur Tulisan: Ada berapa jenis dan panjang tulisan yang akan digunakan dalam iklan
- Unsur Warna: Komposisi warna yang digunakan dalam iklan
Sumber: Media Belajar, http://mastugino.blogspot.com/2014/09/ekspor-dan-impor.html