Cari Blog Ini

Sabtu, 27 September 2014

CARA MENGATASI PENYEBARAN PENDUDUK YANG TIDAK MERATA

CARA MENGATASI PENYEBARAN PENDUDUK YANG TIDAK MERATA


Tidak meratanya  jumlah rakyat Indonesia dari barat ke timur, di mana pulau Jawa menjadi pulau paling banyak penduduknya yang mencapai 60% penduduk Indonesia memerlukan ide yang kreatif untuk bisa mengatasi kepadatan penduduk negara ini yang tidak merata.
Dari Aspek  Sosial
Sifat orang Indonesia yang sulit untuk berubah dan mencari tantangan di tempat lain menyebabkan sulitnya untuk melakukan penyebaran penduduk di wilayah Indonesia. Maka perlu ada solusi secara sosial untuk mengatasinya. Iklan layanan masyarakat di televisi atau radio yang menunjukkan keberhasilan seseorang yang melakukan transmigrasi. Dengan kesejahteraan yang diraih oleh beberapa transmigran akan membuat orang lain untuk ikut transmigrasi sehingga ketimpangan persebaran  bisa diatasi dengan baik. 
Selain itu juga perlu ada penyuluhan dari dinas kependudukan agar masyarakat tidak ke kota dan tetap membangun desa karena desa sangat membutuhkan SDM untuk  meningkatkan taraf sosial warganya.
Dari Aspek Ekonomi
Cara yang paling bagus untuk melakukan penyebaran penduduk adalah membangun kawasan-kawasan industri yang ada di luar Jawa. Sehingga kawasan tersebut bisa berkembang secara ekonomi dan menarik warga di Jawa untuk pindah ke kawasan industri tersebut di luar Jawa. Bidang industri secara langsung bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak sehingga bisa cepat mengatasi pengangguran dan kemiskinan sekaligus.
Selain itu perlu diadakan pelatihan-pelatihan ketrampilan bagi  warga desa agar bisa mandiri untuk membuat kerajinan tangan atau industri rumahan yang bisa menambah pendapatan warga dan mereka tetap tinggal di desa.
Dari aspek budaya
Perlu perubahan budaya, misalnya ada pri bahasa Jawa, makan tidak makan yang penting ngumpul, jadi terkadang orang orang tidak mau pindah karena tidak mau berpisah dengan keluarga. Maka perlu ada perubahan budaya agar orang mau pindah tempat yang lebih jarang penduduknya agar bisa meningkatkan kesejahteraannya. 
Diadakanya festival budaya agar suatu daerah berkembang bidang pariwisatanya. Dengan perkembangan tersebut bisa meningkatkan taraf ekonomi dan bisa menahan penduduknya untuk keluar daerah. Dan orang lain akan datang ke tempat itu.
Dari aspek politik 
Pemerintah harus memberikan subsidi bagi orang yang mau ikut transmigrasi sehingga ada ketertarikan yang kuat untuk ikut program tersebut. Setiap keluarga mendapat tunjangan selama satu tahun akan menjamin kelangsungan hidup para transmigran selama mereka merintis pekerjaannya. 
Perlu ada undang-undang atau peraturan pemerintah yang memberikan payung hukum dan jaminan kepada keluarga yang melaksanakan program transmigrasi. Presiden juga harus memberikan anjuran kepada rakyatnya agar tetap membangun daerah tanpa harus pindah ke daerah lain yang lebih banyak warganya.

Sumber: http://apapengertianya.blogspot.com/