Cari Blog Ini

Senin, 22 September 2014

Konduktor & Isolator (Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 kelas 5 SD Halaman 51)


Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 kelas 5 SD
Halaman 51

Konduktor dan Isolator Listrik
Konduktor listrik adalah benda yang dapat menghantarkan arus listrik. Sedangkan isolator listrik adalah benda yang tidak dapat menghantarkan arus lisatrik. Contoh benda yang termasuk konduktor listrik adalah benda logam seperti besi, baja, timah, tembaga, dan kuningan. Sedangkan benda yang termasuk isolator listrik adalah kaca, plastik, kain, dan kayu kering
Hasil Pengamatan

Nama Barang
Keadaan Lampu
Golongan
Klip kertas
Lampu menyala
Konduktor
Plastik
Lampu tidak menyala
Isolator
Karet
Lampu tidak menyala
Isolator
Kertas
Lampu tidak menyala
Isolator
Kain
Lampu tidak menyala
Isolator
Kapas
Lampu tidak menyala
Isolator
Uang logam
Lampu tidak menyala
Isolator
Batu
Lampu tidak menyala
Isolator
Seng
Lampu  menyala
Konduktor
Kaca
Lampu tidak menyala
Isolator

Berikut ini beberapa barang yg merupakan konduktor ataupun isolator panas:
  • Wajan dan Panci, benda yg sangat baik menghantarkan panas yaitu jenis logam (baja, besi, tembaga,seng, alumunium, perunggu, kuningan). Logam yg paling baik menghantarkan panas adalah alumunium. Alumunium dipakai untuk perkakas rumah tangga misalnya wajan, panci, dan lain-lain.
  • Thermos, thermos terbuat dari campuran alumunium, kaca, plastik dan gabus. Bagian dalam thermos terbuat dari alumunium yg dilapisi kaca. Bahan ini merupakan jenis konduktor yg cukup baik. Bagian luar thermos terbuat dari plastik dan gabus. Gabus dan plastik adalah isolator panas.
  • Setrika. Setrika listrik ini mengubah energi listrik menjadi energi panas. Setrika listrik dibuat dari campuran bahan konduktor dan isolator. Bagian dasar setrika terbuat dari besi sebagai penghantar panas yg baik (konduktor), bagian atas setrika terbuat dari plastik yg tidak dapat menghantarkan panas (isolator).
  • Jaket. Jaket terbuat dari bahan kain yang bersifat isolator. Pada saat suhu udara dingin jaket akan menahan panas yang ada dalam tubuh keluar.

Sumber:  http://www.sangpangemong.com/2014/08/benda-konduktor-dan-isolator.html