Cari Blog Ini

Selasa, 23 September 2014

Adaptasi Morfologi & Adaptasi Fisiologi

Adaptasi Morfologi & Adaptasi Fisiologi

Pengertian Adaptasi morfologi ialah adaptasi yang terjadi pada  bentuk luar tubuh dan bentuk luar dari alat-alat tubuh suatu  makhluk hidup terhadap lingkungannya.

Contohnya adaptasi morfologi adalah : 
1. adaptasi Bentuk Paruh pada Burung yang disesuaikan dengan Makanannya
Pada Paruh burung elang berbentuk runcing, kuat, dan tajam untuk merobek mangsanya. Paruh itik memiliki bentuk pipih untuk menyaring makanannya dari dalam lumpur. Pada Paruh burung pipit memiliki bentuk yang pendek dan runcing untuk menyesuaikan dengan makanannya berupa biji-bijian. Paruh ayam berbentuk seperti paruh burung pipit menyesuaikan makanannya yang berupa biji-bijian.
2. Penyesuaian Bentuk Kaki Sesuai dengan Lingkungan dan Kebiasaan Hidupnya
Kaki burung kakaktua memiliki dua jari di depan dan dua jari di belakang. Pada Burung kakaktua mempunyai kebiasaan memanjat. Pada Kaki bebek mempunyai selaput renang yang terletak di celah-celah jari kakinya. Dengan bentuk ini, bebek dapat berjalan di atas lumpur.
Pengertian Adaptasi fisiologi yaitu adaptasi atau  penyesuaian fungsi organ  pada  tubuh makhluk hidup terhadap kondisi  lingkungan di sekitarnya.
Contohnya : 
1. Pada Hewan Mamalia memiliki Enzim Selulase
Hewan herbivora atau pemakan tumbuhan  yang memamah biak memiliki enzim selulase. Enzim selulase diperoleh  dari  mikroorganisme di saluran pencernaannya. Enzim ini berfungsi untuk mencerna selulosa yang ada pada sel-sel tumbuhan yang dimakannya.
2. Osmoregulasi
Pengertian Osmoregulasi yaitu  proses pengaturan tekanan osmosis. Misalnya Ikan laut lebih sedikit mengeluarkan urin jika dibandingkan ikan  air tawar. Hal ini  dikarenakan  tekanan osmosis sel- sel tubuh ikan laut lebih rendah daripada tekanan osmosis air darat. Penyesuaian  ikan laut yaitu dengan banyak minum tetapi hanya sedikit mengeluarkan urin. Tekanan osmosis sel-sel tubuh ikan air tawar lebih tinggi daripada tekanan osmosis air laut. Adaptasi Ikan air tawar yaitu harus sedikit minum tetapi  banyak mengeluarkan urin

Sumber: apapengertiannya.blogspot.com