Cari Blog Ini

Sabtu, 13 September 2014

Apa Dampak Sebaran Penduduk yg Tidak Merata Terhadap Berbagai Aspek Kehidupan

Apa Dampak Sebaran Penduduk yg Tidak Merata Terhadap Berbagai Aspek Kehidupan

Aspek
Dampak Sebaran Penduduk yang Tidak Merata
Sosial
- Secara sosial daerah yang penduduknya banyak sering terjadi masalah sosial misalnya : Pemukiman kumuh, kemiskinan dan lain-lain
- Sedangkan daerah yang penduduknya rendah penduduknya cenderung terisolir atau tertutup dari dunia luar sehingga kurang bisa berkomunikasi dengan dunia luar dan tidak bisa mengembangkan potensi  mereka.
Ekonomi
- Secara ekonomi jika sebaran penduduk yang tidak merata maka akan menimbulkan terpusatnya kegiatan ekonomi pada daerah tertentu saja, misalnya kalau di Indonesia , Pulau Jawa menjadi pusat ekonomi karena penduduknya paling padat, sedangkan daerah lain tidak bisa berkembang karena penduduknya sedikit.
- Selain itu jika suatu daerah terlalu padat maka akan menyebabkan terjadinya masalah ekonomi, misalnya pengangguran dan rendahnya tingkat pendapatan.
Budaya
- Jika penduduk tidak merata maka upaya untuk melestarikan budaya hanya terpusat pada daerah tertentu saja.
- Selain itu akan memperlambat terjadinya akulturasi dan asimiliasi antar budaya di Indonesia, padahal kalau  akulturasi dan asimiliasi antar budaya itu bisa dipercepat maka akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
Politik
- Secara politik akan menimbulkan sistem politik yang tidak seimbang: misalnya Jawa mempunyai wakil rakyat di DPR ebih banyak dari pada daerah lain, padahal dari seperti kalimantan, Sulawesi, Papua dan Sumatera lebih luas daripada Jawa. Jadi keterwakilan di DPR ini bisa terjadi ketimpangan.
Sumber: Apapengertiannyaya???.blogspot.com