Cari Blog Ini

Rabu, 29 Oktober 2014

PAPAN REKLAME

PAPAN REKLAME

Re artinya berulang-ulang, clame atau clamos artinya berteriak, sehingga secara bahasa Reklame adalah suatu teriakan/seruan yang berulang-ulang. Secara umum reklame dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti isi reklame tersebut. Reklame dapat juga diartikan sebagai suatu sarana yang memiliki tujuan menjajakan produk atau membuat barangnya laku di pasaran.

Sifat reklame yaitu sosial dan komersial, komersial artinya reklame yang digunakan untuk memperoleh keuntungan dan sifat sosial yaitu reklame yang semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berbentuk material. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat reklame agar reklame tersebut dapat dikatakan baik, antara lain sebagai berikut:
  • Gambar reklame harus sesuai dengan barang yang direklamekan
  • Reklame tidak boleh bohong
  • Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat
  • Warna harus bagus, menyolok atau kontras.
Contoh Reklame :
Papan reklame : Telkom Speedy
No.Isi pada Papan Reklame
1.Nama Perusahaan PT Telkom
2.Teks atau slogan : "Meluncur tanpa batas"
3.Gambar Ilustrasi produk yang ditawarkan
4.Penjelasan mengenai kelebihan produk yang ditawarkan : "Koneksi rame-rame dimana aja, internet cepat gampang bayarnya."

Pernahkah kamu mengalami kebingungan saat memilih satu di antara banyak produk sejenis di sebuah toko atau pasar ? Bagaimana reklame/iklan dapat membantu memenangkan persaingan untuk merebut calon pembeli. Berikut penjelasannya !
No   PertanyaanJawaban
1.Apa tujuan utama sebuah reklame/ iklan?Tujuan reklame menjajakan produk atau membuat barangnya laku di pasaran.
2.Hal-hal apa yang harus ditonjolkan
dalam sebuah reklame/iklan?
  • Gambar barang yang direklamekan
  • Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat
  • Warna harus bagus, menyolok atau kontras.
3.Bila terdapat beberapa barang yang
sama di sebuah toko/pasar, iklan/
reklame seperti apakah yang akan
memenangkan persaingan?
Iklan yang memenangkan persaingan adalah iklan yang :
  • Teks atau slogan yang jelas dan mudah dimengerti
  • Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk huruf yang sesuai
  • Gambar illustrasi menarik dan mudah diingat.
  • Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan)
  • Warna yang menarik dan tepat sesuai dengan isi reklame
4.Di media apa sajakah orang perlu memasang iklan/reklame untuk
keberhasilan penjualannya?
Radio, Televisi, Majalah, Koran, dan Internet



Sumber: http://www.sangpangemong.com/2014/10/papan-reklame.html